Home > Life & Business Excellence > Ada Sepasang Kucing Kembar, Kucing Mana yang akan Lebih Gemuk Bulan Depan?

Ada Sepasang Kucing Kembar, Kucing Mana yang akan Lebih Gemuk Bulan Depan?

“Tut…tut…”

HP saya berbunyi pagi ini, menampilkan SMS berikut :

“Mas…
Saya gak bsa hadir pertemuan hari ini.
Saya keletihan mas, ni baru kelar jm 2 pagi tadi gotong royong ngecor surau.
Maaf mas..”

Oh ternyata dari salah satu agen saya.
Saya reply SMS itu :

“Gak perlu minta maaf Dod (bukan nama sebenarnya), aku kan bukan siapa2mu juga. Yang bertanggung jawab sama kesuksesanmu di bidang apapun kan dirimu sendiri. Tapi, kalau boleh aku ada 1 pertanyaan : andai Dodi kerja dan aku adalah bosmu, atau aku adalah dosen mata kuliahmu jam 8 pagi ini. Kira2 sebaiknya aku jawab apa ya?”

Respon kita terhadap sesuatu menunjukkan prioritas kita terhadap pilihan-pilihan yang ada. Hal yang biasanya menjadi prioritas 2, di waktu yang lain bisa jadi menjadi prioritas pertama.

Dalam hal pilihan sikap si agen tersebut hari ini, artinya pada hari ini si agen memberikan prioritas pada kegiatan pengecoran surau dan mengorbankan pertemuan yang seharusnya penting untuk dia.

Untuk itu, saya memberikan tes kecil2an terhadap prioritas yang diambil, saya berikan pertanyaan :

“Kalau anda adalah seorang kepala cabang bank yang harus masuk pagi ini jam 8, jawaban apa yang sebaiknya saya berikan pada Anda?”

Mungkin malah Anda tidak mengecor surau tersebut sampai jam 2 pagi, dan justru mengusulkan pada panitia agar surau tersebut dicor malam minggu sehari sebelumnya saja.
–> surau tetap dicor bukan?

Atau Anda mengusulkan agar kita bisa berbagi rezeki dan kebaikan pahalanya dengan cara mendelegasikannya pada pekerja-pekerja yang lebih kompeten?
–> surau tetap dicor bukan?

Atau mungkin Anda juga akan tidak peduli dengan keletihan yang Anda alami dan tetap hadir di kantor sesuai jadwal yang seharusnya.
–> surau tetap dicor bukan?

Artinya : posisi Anda sebagai kepala cabang bank membuat Anda memprioritaskan kehadiran Anda di kantor

Jadi,
Dalam kasus agen di atas, sebenarnya dia tidak benar-benar keletihan, hanya saja dia tidak memberikan prioritas pada pertemuan itu. Lalu, kucing mana yang akan lebih gemuk bulan depan?

Tepat sekali,
Kucing yang Anda beri makan.

Tulisan ini ada kaitan dengan tulisan saya sebelumnya tentang Tanggung jawab : “Bukan Orang Lain yang Merendahkan Anda, tapi Anda Sendiri.”

Best Regards,
The World of Gusnul Pribadi

  1. 22 November 2011 at 20:42

    Sebuah keputusan kecil telah diambil oleh orang tersebut yang bisa saja berdampak besar terhadap kehidupannya sendiri…

    Ada juga orang – orang yang mengambil keputusan kecil namun berdampak besar dikemudian harinya…

    Kecil atau besar, semua tergantung…

    Tergantung kepada apa tujuan akhirnya…

    Lalu, seberapa besar tujuan akhir seseorang terukur juga dari seberapa besar Ia meletakan skala prioritas disana…

    Saya penasaran, jika kita semua Belajar dari cerita Bung Gusnul ini, seperti apa rasanya jika kita (Anda dan saya tentunya) bisa Lakukan banyak hal dengan strategi – strategi prioritas seperti yang Ia contohkan diatas, agar Capai seluruh tujuan dengan sempurna…

  2. 7 March 2014 at 17:32

    sangat bijak pak… Terimakasih atas advicenya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

