Home > Life & Business Excellence, Life Insurance Business, The Futureinc Team > The Communities Under Community : Team & Corporate Management

The Communities Under Community : Team & Corporate Management

Malcolm Gladwell's The Tipping Point

Malcolm Gladwell’s The Tipping Point

Sudah nonton Harry Potter,
Anda pasti tahu Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry

Sekolah penyihir Harry Potter ini memberikan kita gambaran ‘The Law of 150’ ala Malcolm Gladwell untuk membuat manajemen komunikasi efektif dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Terus terang saya bukan penikmat kisah si penyihir berkaca mata bulat ini, tapi saya nukil beberapa hal yang saya lihat sekilas di episode-episode awal filmnya.

Dumbledore, sang sesepuh memiliki cara untuk membangkitkan motivasi semua (baca : SEMUA) siswa Hogwarts. Yaitu dengan cara membagi semua siswa dalam 4 genk besar….

1.Godric Gryffindor
2.Salazar Slytherin
3.Rowena Ravenclaw
4.Helga Hufflepuff

Masing-masing dengan visi, misi, tim quidditch sendiri dan value-value personel masing-masing. Lengkapnya Anda bisa baca di sini

Suatu saat masing-masing siswa dari keempat Genk itu ditanya di mana sekolah mereka, dengan tegas mereka jawab “HOGWARTS!!”, karena mereka tahu, orang di luar hanya tahu Hogwarts, mereka tidak tahu Slytherin atau Gryffindor.

Tapi,
Dengan membaginya menjadi genk-genk ini, Dumbledore membuat mereka menjadi pribadi-pribadi berkarakter, yang tetap mengakui Hogwarts sebagai almamaternya.

Hal yang sama dilakukan di Universitas-universitas besar seperti Harvard, para mahasiswanya memiliki ‘houses’ dan sororities yang sering ada di film-film (haha, sekali lagi, lihatnya di film) seperti : Alpha Kappa Phi, Gamma Delta Mu dan sejenisnya.

Harvard menghargai kelompok-kelompok ini sebagai bagian penting dari Harvard. Ketika ditanya dimana mereka sekolah, dengan tegas mereka menjawab :”HARVARD!”

Sebagai pemimpin,
Apa pendapat Anda tentang konsep community under community ini?
Apakah Anda melihatnya sebagai kans separatisme atau sebaliknya?

Best Regards,
The World of Gusnul Pribadi

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: