Home > Leadership, Life & Business Excellence > Sampai Saat ini Saya Belum Tahu Judul Apa Yang Paling Tepat yang Bisa Diberikan untuk Tulisan ini

Sampai Saat ini Saya Belum Tahu Judul Apa Yang Paling Tepat yang Bisa Diberikan untuk Tulisan ini

“Pak, besok bisa hadir ya di acara buka puasa..”
“Sepertinya saya ada tugas, Insya Allah ya…”, jawab si bapak…

Sekilas dari jawaban si bapak, menurut Anda apakah dia akan hadir di acara tersebut?

90% TIDAK?

Ironis?

Maksud jawaban Insya Allah itu adalah wujud ketawakalan kepada Allah, tapi seringkali kita menggunakannya secara salah dan berbahaya…yaitu menggunakannya sebagai cara lain untuk berkata ‘tidak’.

Insya Allah berarti ‘jika Allah menghendaki’, maknanya, bahwa kita akan melaksanakan janji tersebut sekuat tenaga dan hanya udzur syar’i yang bisa membuat kita membatalkannya, yaitu : sakit, bepergian jauh, dan kematian

Jadi…
Mengutip terjemahan surat Al Kahfi 23, ketika Allah berfirman :”Jangan sekali-kali kamu mengatakan sesuatu ‘sesungguhnya aku akan mengerjakannya esok’ kecuali (dengan mengucapkan) Insya Allah…”

Ini berarti bahwa insya Allah digunakan untuk melengkapi kepastian dari sisi kita sebagai manusia….

Maka, bila memang kita tidak yakin, maka cukup katakan,”Wah, saya tidak bisa”, atau,”Wah, saya ragu bisa menghadiri…”.

Jika kita yakin bahwa kita bisa hadir, baru katakan: INSYA ALLAH setelahnya.

Mari kita tengok beberapa contoh :

Besok usahakan ketemu 2 orang ya?
A. Saya akan lakukan, insya Allah…
B. insya Allah yaa…

Besok ada meeting penting, kamu diminta hadir.
A. Maaf sepertinya saya tidak bisa hadir..
B. Ok, tapi baru insya Allah yaa…

Familiar dengan jawaban B?
Lalu ketika akhirnya dia tidak ketemu 2 orang atau ternyata tidak hadir meeting, dia akan menjawab,”Kan gw bilang Insya Allah…jadi belum pasti bisa”

Mudah-mudahan kita bisa mengembalikan ‘insya Allah’ pada tempatnya kembali yaitu sebagai wujud penyerahan diri setelah usaha maksimal kita.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

