Home > Life & Business Excellence > Kursus di Tikungan

Kursus di Tikungan

Pejaten, 25 Mei 2012

Di sebuah tikungan yang setiap pagi saya lewati dengan motor ketika mengantarkan anak saya sekolah, seperti biasa saya ambil haluan untuk membelok ke arah kiri.

Dan kali ini aksi membelok saya dibarengi dengan suara klakson yang cukup keras dari sebelah kanan saya. Saya rem mendadak, menunda untuk membelok. Seseorang dengan motor memalingkan kepalanya pada saya sambil memacu motornya di depan saya. Tengokan kepala dengan tatapan nanar, khas orang Jakarta, yang kalau diterjemahkan kira-kira akan berbunyi :

“Kalau mau belok lihat-lihat kanan kiri dulu dong, jangan main belok. Emang jalan punya loe sendiri aja”

Sayapun menanggapinya dalam hati : “Iya pak maaf, lain kali saya akan lihat kanan kiri dulu.”

Pikiran saya termangu,
Darimana saya bisa berpikiran bahwa dia berpikir seperti itu. Sampai saya sadar bahwa itu pikiran saya sendiri!!

Beberapa bulan lalu dalam hati saya sempat melakukan apa yang orang itu lakukan. Di tikungan yang sama, ada orang yang membelok di depan saya, persis seperti perilaku saya tadi. Dan waktu itu saya berpikiran sama :

“Kalau mau belok lihat-lihat kanan kiri dulu dong, jangan main belok. Emang jalan punya loe sendiri aja”

Hari ini saya baru bisa memahami , setelah saya sendiri yang mengalami. Saya bukannya tidak tahu bahwa kalau mau belok harus lihat kondisi kanan dan kiri. Tapi entahlah kenapa pagi ini saya tidak melakukannya sehingga memancing kekesalan orang lain. Persis seperti kekesalan yang saya lontarkan pada orang yang asal belok beberapa bulan lalu, padahal bisa jadi dia juga tidak berencana untuk asal membelok.

Pelajaran hari ini,
Pahamilah perilaku orang lain, karena pasti ada alasan mengapa seseorang melakukan sesuatu. Dan tentunya kita bukanlah orang paling benar perilakunya di atas bumi ini.

Selamat berkarya!
Hati-hati di jalan, jangan lupa lihat kanan-kiri sebelum berbelok di jalan.

Best Regards,
The World of Gusnul Pribadi

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

